Sabtu, 30 Agustus 2014

Cara Membuat Display Drum Band

Cara Membuat Display Drum Band

Kesenian Drum Band yang kita kenal banyak digunakan untuk mengiringi suatu parade atau pun devile. Kegiatan parade ini sering kita jumpai pada saat Hari Besar Nasional di negeri kita ini. Dengan hadirnya Drum Band ditengah-tengah perayaan tersebut membuat suasana semakin menarik dan semarak. Namun untuk saat ini kesenian Drum Band dipakai bukan hanya sekedar untuk mengiringi parade saja, tetapi sudah menjadi bagian dalam pengisi acara inti pada sebuah upacara. Dimana Drum Band sering diberi kesempatan untuk tampil atau unjuk kebolehan dalam sebuah pentas.
Suatu pertunjukan yang menarik serta tidak monoton, tidak lepas dari unsur adanya display atau drill yang baik. Untuk itu display, drill atau sebuah formasi dalam pementasan Drum Band memiliki peranan yang sangat penting sekali. Melalui sebuah display yang bagus dan atraktif akan memberi warna serta kesan tersendiri bagi para penontonnya.
Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dalam merancang display untuk sebuah pertunjukan Drum Band.
Cara Membuat Display Drum Band

Beberapa hal yang perlu kita persiapkan diantaranya:
  1. Siapkan sebuah tema yang akan kita pakai. Biasanya berkaitan dengan moment yang dihadapi.
  2. Persiapkan bentuk display yang akan dibuat, apakah berbentuk sebuah huruf, kata atau hanya bentuk barisan biasa saja.
  3. Gambarkan bentuk-bentuk display tersebut pada kertas, mulai yang pertama sampai yang terakhir. Semakin banyak bentuknya maka akan lebih atraktif lagi pergerakan pemainnya.
  4.  Persiapkan lagu yang akan kita bawakan, biasanya saya selalu menampilkan lagu tersebut yang berkaitan dengan acaranya yang dihadapi.
  5. Usahakan pergerakan display tidak lepas dari unsur Peraturan Baris Berbaris yang ada.
  6. Perhitungkan tenggang waktu untuk latihan sampai dengan waktu pementasan apakah cukup untuk melatih display dan menggabungkannya dengan lagu.
  7. Motivasi terus para pemain saat latihan dan usahakan tidak berkurang jumlahnya, karena kalau ada yang sering tidak masuk latihan akan berpengaruh pada display yang sudah kita rancang.
  8. Perhitungkan ukuran tempat yang akan kita gunakan untuk pentas, panjang maupun lebarnya.
  9. Gunakanlah cones yang biasa dipakai olahraga untuk menentukan batasan pergerakan pemain.
  10. Latihan yang rutin dengan program yang baik akan mendapatkan hasil yang baik pula. 
  11. Evaluasi terus hasil nya  pada setiap akhir latihan.
Setiap pelatih tentunya sudah memiliki teknik tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Semua poin penting diatas, merupakan hasil dari pengalaman pribadi saya dalam melatih team Drum Band.  

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Display Drum Band, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Artikel terkait DI SINI.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More