Kamis, 15 Mei 2014

Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja

Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja


Tenis meja merupakan cabang olahraga yang dilakukan didalam gedung (in door) dan dapat dimainkan secara tunggal maupun ganda. Permainan ini dilakukan diatas meja dengan ukuran yang telah ditentukan dengan cara menyebrangkan bola melewati jaring dan jatuh dilapangan lawan. Permainan tenis meja diawali dengan pukulan servis dan setiap pemain melakukan dua kali berturut -turut.
Permainan ini dibatasi dengan game ,setiap setnya terdiri dari 11 point dengan sistem rally point dimana pemain yang mendapat nilai 11 lebih dulu dinyatakan sebagai pemenang. Bila kedua pemain sama-sama mendapat nilai 10-10 maka untuk menyelesaikan ditambah nilai selisih 2 dan servis dilakukan secara bergantian yang disebut dengan deuce.
Tenis meja pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Inggris pada pertengahan abad ke-19, pada tanggal 15 Januari 1926 atas prakarsa Dr. George Lehman dari Jerman berdiri organisasi tenis meja tingkat dunia dengan nama International Table Tennis Federation (ITTF).
Dr. George Lehman sampai sekarang dianggap sebagai pencipta olahraga tenis meja yang hingga sampai saat ini tenis meja sudah berkembang di Indonesia dengan nama organisasinya yaitu PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia). Untuk menjadi pemain tenis meja harus dapat mengombinasikan teknik pukulan servis, drive, blok dan smash yang didukung dengan kecepatan, ketepatan dan keuletan serta memiliki daya juang yang tinggi dan kematangan juara. Latihan tenis meja memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena permainan yang satu ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Tetapi apabila dilakukan secara rutin maka semua kesulitan tersebut dapat diatasi.

Hakikat Tenis Meja

Permainan Tenis Meja dilakukan secara single dan double yang dimainkan diatas meja dengan ukuran yang telah ditentukan. Dalam permainan tenis meja pemain yang dinyatakan memenangkan 1 set bila salah satu pemain mendapat nilai 11 dengan sistem rally point.

Teknik Memegang Bet

Teknik memegang bet atau grip pada permainan tenis meja terdiri atas shake-hand grip dan penholder grip.

Servis

Pukulan servis merupakan serangan pertama kali dalam tenis meja dan servis dalam tenis meja dapat dilakukan secara forehand dan backhand.

Marilah kita bermain tenis meja dengan teknik dasar yang benar.
Terima kasih sudah membaca artikel Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Artikle olahraga lainnya klik di sini.

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More