Rabu, 02 April 2014

Pola Penyerangan Dan Pertahanan Sepak Bola

Pola Penyerangan Dan Pertahanan Sepak Bola
Sepak bola merupakan permainan beregu yang terdiri dari 11 pemain tiap timnya. Sedangkan untuk memenangkan sebuah permainan, suatu kesebelasan harus dapat menjaga gawangnya agar tidak kemasukan dan berusaha memasukan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. Untuk mencapai hal ini setiap pemain harus bisa mengobinasikan serta mengoordinasi teknik-teknik dasar dalam sepak bola serta menetapkan strategi penyerangan maupun pertahanan yang baik.
Untuk melakukan permainan sepak bola dan mendapatkan kemenangan, tentunya kita harus mengetahui pola penyerangan dan pertahanan. Berikut ini adalah pola penyerangan dan pertahanan yang biasa digunakan dalam sepak bola.

A. Pola Penyerangan
  1. Pola penyerangan 4-3-3. Pola penyerangan ini terdiri dari empat pemain belakang, tiga pemain tengah dan tiga pemain depan. Pemain belakang terdiri atas bek kanan, dua poros halang dan bek kiri. Tiga pemain tengah terdiri dari gelandang kiri, gelandang tengah dan gelandang kanan. Sedangkan tiga pemain depan terdiri dari penyerang kiri, penyerang tengah dan penyerang kanan.
  2. Pola penyerangan 4-2-4. Pola penyerangan ini terdiri atas empat pemain belakang, dua pemain tengah dan empat pemain depan. Empat pemain belakang terdiri atas dua orang bek kanan dan bek kiri, libero dan stopper. Dua pemain tengah terdiri dari gelandang kanan dan kiri. Empat pemain depan terdiri atas dua orang penyerang sayap kanan luar serta kiri luar.
  3. Pola penyerangan 3-2-5. Pola penyerangan ini terdiri dari tiga orang pemain belakang, dua orang pemain tengah dan lima orang pemain depan. Tiga orang pemain belakang terdiri atas bek kanan, libero dan bek kiri. Dua pemain tengah terdiri atas gelandang kanan dan gelandang kiri. Lima orang pemain depan terdiri atas penyerang kanan luar dan kanan dalam, penyerang kiri dalam dan kiri luar serta penyerang tengah (target man).
B. Pola Petahanan
  1. Pola pertahanan 4-3-3. Pola pertahanan yang terdiri dari empat pemain belakang, tiga pemain tengah dan tiga pemain depan. Pemain belakang terdiri atas bek kanan, dua poros halang dan bek kiri. Tiga pemain tengah terdiri atas gelandang kiri, gelandang tengah dan gelandang kanan. Sedang tiga pemain depan terdiri atas penyerang kiri, penyerang tengah dan penyerang kanan.
  2. Pola pertahanan 4-4-2. Pola pertahanan ini terdiri atas empat pemain belakang, empat pemain tengah dan dua pemain depan. Pemain belakang terdiri atas bek kiri, bek kanan, libero dan stopper. Empat pemain penghubung terdiri atas sayap kanan, gelandang bertahan, gelandang serang dan gelandang kiri. Adapun pemain depan terdiri atas dua orang penyerang.
  3. Pola pertahanan 5-3-2. Pola permainan ini terdiri atas dua pemain depan, tiga pemain tengah dan lima pemain belakang. Dua pemain depan terdiri atas penyerang kanan dan penyerang kiri. Tiga pemain tengah penghubung terdiri atas gelandang kanan, gelandang tengah dan gelandang kiri. Lima pemain belakang terdiri atas stopper, bek kanan luar, bek kanan dalam, bek kiri luar dan bek kiri dalam.
Pola penyerangan ini dapat di terapkan untuk tim atau kesebelasan kita. Ada baik nya kita mencoba beberapa pola penyerangan maupun penyerangan dalam setiap permainan. Sehingga kita akan mengetahui pola seperti apa yang cocok buat tim kita sendiri. Selain pola penyerangan yang kita terapkan akan lebih baik lagi jika didukung dengan teknik serta latihan yang baik dan rutin.
Semoga tulisan Pola Penyerangan Dan Pertahanan Sepak Bola ini dapat menambah pengetahuan dan ada manfaatnya.

Baca juga HIJAB TERBARU DAN UNIK.
Artikel Terkait Baca Di sini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More