Rabu, 16 April 2014

Perlunya Pengawasan Terhadap Anak Didik Saat Olahraga Renang

Perlunya Pengawasan Terhadap Anak Didik Saat Olahraga Renang
Renang merupakan salah satu olahraga air yang sangat mengasikan. Selain merupakan kewajiban dalam melaksanakan pembelajaran olahraga, renang juga merupakan sarana rekreasi yang dapat menghilangkan kejenuhan pada kegiatan kita disekolah sehari-hari. Guru Olahraga dapat mengajak anak didik nya untuk belajar sambil wisata diluar sekolah, maka renang merupakan salah satu pilihannya. Banyak sekali sekolah-sekolah yang melakukan kegiatan ini walaupun kolam renang sangat jauh tempatnya.
Tetapi dalam melaksanakan kegiatan ini tentunya kita tidak dapat melepas anak didik kita begitu saja, karena olahraga yang satu ini mempunyai banyak sekali resiko yang tidak bisa di anggap mudah, seperti tenggelam dan jatuh di lantai. Maka dari itu perlu adanya pengawasan yang ketat terhadap anak didik saat berada di kolam renang. Apa lagi jumlah siswa yang kita bawa banyak sekali.
Untuk mengantisipasi masalah ini, berikut saya tuliskan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melaksanakan pembelajaran renang. 
  1. Ingatkan anak didik untuk tidak membawa kendaraan pada waktu kegiatan praktek akan dimulai. Masalah ini untuk mengurangi resiko di jalan pada waktu berangkat dan selesai praktek. Anak-anak yang membawa kendaraan sendiri cenderung untuk melakukan kebut-kebutan saat dijalan.
  2. Tidak membawa perhiasan bagi perempuan. Karena saat praktek berlangsung sering sekali perhiasannya hilang atau lepas di kolam. Sehingga untuk mencarinya sangat sulit sekali.
  3. Perhatikan anak didik saat bermain selesai praktek, karena dalam kondisi ini cenderung lebih banyak bercanda sesama rekannya. sehingga banyak kejadian anak terjatuh di lantai karena licin.
  4. Beri perhatian bagi mereka yang tidak bisa berenang. Hindari atau larang mereka untuk mendekati area kolam yang dalam. Tentunya hal ini untuk menghindari dari resiko tenggelam.
  5. Beri tahu anak didik saat akan kembali atau pulang untuk mengecek kembali barang-barang bawaannya, jangan sampai ada sepatu, tas maupun pakaian yang tertinggal.
  6. Beri batasan waktu untuk bermain selesai praktek, jam berapa semua kegiatan dihentikan dan saatnya untuk pulang.
  7. Dan yang lebih penting lagi kita harus mengetahui dan menguasai tentang P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
Masalah-masalah diatas sering sekali terjadi pada waktu praktek dan setelah praktek selesai. Biasanya selesai praktek mereka akan bermain sepuasnya tanpa melihat waktu dan resikonya. Dengan antisipasi yang maksimal tentunya akan mengurangi semua resiko yang dapat terjadi.
Sekian dulu semoga artikel  Perlunya Pengawasan Terhadap Anak Didik Saat Olahraga Renang, semoga ada manfaatnya.

Artikel tentang Olahraga lainnya DI SINI..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More