Kamis, 03 April 2014

Macam-Macam Gaya Renang

Macam-Macam Gaya Renang
Aquatics atau olahraga air adalah kegiatan yang dilakukan di air atau di kolam renang. Salah satunya adalah renang. Disekolah, mata pelajaran renang merupakan salah satu pelajaran yang termasuk didalam kurikulum, artinya materi pembelajaran renang harus kita berikan kepada siswa. Kegiatan pembelajaran ini banyak sekali kendalanya, seperti tidak adanya sarana yang menunjang di sekolah yaitu kolam renang. Sehingga kita harus mencari tempat untuk melaksanakan pembelajaran ini, kalaupun ada, jaraknya cukup jauh.
Renang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan serta banyak manfaatnya yaitu untuk perkembangan tubuh baik otot-otot tubuh maupun kekuatan jantung dan paru. Selain itu renang merupakan kemampuan untuk penyelamatan darurat di dalam air bagi seseorang.
Gaya renang terbagi menjadi lima, yaitu gaya bebas, punggung, dada, kupu-kupu dan samping (sidestroke). Selain gaya dada, gaya samping merupakan gaya tertua yang telah digunakan pada abad ke-19. Saat ini gaya samping hanya digunakan dalam teknik penyelamatan (rescue) dan tidak dipertandingkan dalam kejuaraan renang.

Adapun empat macam gaya renang yang dipertandingkan adalah :
  1. Gaya bebas. Ciri khas gaya ini adalah seluruh anggota badan berada dalam satu garis lurus. gerakan kedua lengan berada pada permukaan air. Gaya ini merupakan gaya tercepat dalam renang.
  2. Gaya dada. Gaya ini sering disebut dengan gaya katak. Seseorang yang menggunakan gaya dada dapat berenang dalam jarak yang jauh dalam waktu yang lama. Akan tetapi energi yang dibutuhkan lebih besar dari pada gaya bebas dan gaya punggung.
  3. Gaya punggung. Gaya punggung hampir sama dengan gaya bebas, akan tetapi perbedaannya terletak pada posisi tubuh dan gerakan lengan. Pada gaya punggung, posisi tubuh terlentang dengan bagian punggung mengapung di permukaan air.
  4. Gaya kupu-kupu. Gaya ini merupakan pengembangan dari gaya dada. Kedua lengan diayunkan kedepan ketika tubuh keluar dari air. Gaya yang sering disebut dengan gaya lumba-lumba ini paling sulit dipelajari di bandingkan dengan gaya-gaya renang yang lain.
Empat gaya diatas merupakan gaya renang yang sering digunakan dalam kejuaraan renang. Baik itu tingkat Nasional maupun Internasional. 
Semoga artikel ini ada manfaatnya yaa..

Artikel olahraga lainnya Klik Di Sini.

1 komentar:

terimakasih untuk postingannya..
saya mau tnya, manfaat dari masing-msinga gaya renang tersebut otu apa?
terimakasih ;)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More