Rabu, 12 Maret 2014

Persiapan Sebelum Pementasan Marching Band/Drum Band

Persiapan Sebelum Pementasan Marching Band/Drum Band

Memberikan suatu penampilan yang menarik dan enak untuk dilihat dan ditonton dalam penampilan dan pementasan seni Marching Band bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Perlu persiapan yang matang dan maksimal. Karena yang menetukan Marching Band tersebut bagus untuk dilihat atau ditonton bukan hanya dari segi pakaian saja tetapi harus ada keterpaduan anatara sajian lagu, musik gerak dan langkah. 
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penampilan sebuat Tim Marching Band itu bagus atau tidak, seperti :
  1. Peralatan Marching Band/Drum Band. Peralatan yang sudah rusak atau kondisinya kurang bagus akan dapat mempengaruhi kualitas suara yang dikeluarkan. 
  2. Pakaian atau kostum. Seragam sangat berpengaruh sekali, karena akan terlihat bagus kalau semua pemain menggunakan kostum yang sama.
  3. Display. Keterpaduan antara gerak, langkah dan konfigurasi memiliki penilaian tersendiri bagi penonton. Sajian akan lebih menarik dan enak untuk dilihat kalau dilengkapi dengan display yang kreatif dan tidak menjenuhkan.
  4. Latihan. Persiapan sebuah pentas membutuhkan latihan yang rutin dan benar-benar ditujukan untuk sebuah pementasan. Dengan latihan yang maksimal akan mendapatkan hasil yang maksimal pula.
 Sebelum kita akan melakukan pertunjukan Marching Band/Drum Band, perlu dipersipakan beberapa poin dibawah ini.
  1. Cek kembali kondisi alat yang dipakai apakah sudah lengkap. Jangan sampai mau berangkat pentas ada alat yang tertinggal atau rusak.
  2. Set ulang peralatan. Periksan alat satu persatu, barangkali ada alat yang kendur atau baut dan mur yang mau lepas. Biasanya ini terdapat pada Perkusi. Jika ada segera set ulang agar tidak lepas saat pentas.
  3. Bersihkan semua peralatan, seperti perkusi, instrumen dan colour guard. Peralata yang bersih sudah tentu enak untuk dipakai atau digunakan.
  4. Transportasi. Kendaraan untuk mengangkut Personil dan peralatan merupakan hal yang wajib. Pastikan kendaraan sudah siap satu hari sebelum pementasan, agar saat berangkat tidak direpotkan karena harus mencari kendaraan.
  5. Cari tahu keaadan tempat untuk pelaksanaan pertunjukan.
  6. Waktu pementasan. Kondisikan dengan Panitia Pelaksana masalah waktu pementasan saat acara berlangsung.
  7. Berdoa sebelum berangkat agar mendapatkan hasil yang baik.
Semua persiapan diatas sangat penting untuk diperhatikan agar pada waktu pementasannya nanti tidak terdapat suatu masalah yang dapat mempengaruhi penampilan Tim Marching Band/Drum Band kita.

Terima kasih sudah membaca artikel Persiapan Sebelum Pementasan Marching Band/Drum Band. Semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More