Senin, 24 Maret 2014

Persiapan Sebelum Membuat Video Shooting

Persiapan Sebelum Membuat Video Shooting
Mendokumentasikan suatu kegiatan, baik itu berupa kegiatan pribadi, keluarga, resepsi atau kegiatan sekolah bukanlah pekerjaan yang mudah. Kelihatannya sepele sekali tinggal jepret dan shoot sana sini, selesai. Tetapi yang menjadi masalahnya adalah bagaimana membuat photo dan video yang berkualitas, dan mempunyai nilai jual. Setiap photo maupun video yang kita buat harus enak untuk dilihat maupun di tonton. 
Sebuah photo harus memiliki kesan tersendiri bagi yang melihatnya, dan rangkaian video hasil kerja kita juga harus mampu menceritakan suatu rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir layaknya sebuah film yang dibuat secara profesional. 
Postingan kali ini akan menjelaskan, persiapan apa saja yang harus dilakukan ketika kita akan membuat video shooting sebuah resepsi pernikahan.
Untuk membuat sebuah video yang baik dan bagus memerlukan persiapan yang matang. Sehingga pada saat  pelaksanaannya nanti tidak menggangu jalannya pengambilan gambar atau video. Persiapan apa sajakah yang harus kita lakukan?
  1. Sehari sebelum pelaksanaan resepsi, kita harus melakukan pengecekan lapangan atau tempat kegiatan berlangsung. Terutama untuk penempatan tripod, kabel ac/listrik dan lampu tembak.
  2. Cek kondisi comcorder atau handycam. Lakukan test sebelum besoknya digunakan, jangan sampai terjadi masalah dengan alat kita yang satu ini. Apabila menggunakan kaset Mini DV/DVD maka kita harus memiliki cadangan/pengganti.
  3. Periksa kondisi batre handycam , apakah sudah terisi penuh. Kalau masih kosong segeralah lakukan pengisian batre. Karena biasanya resepsi pernikahan akan disibukan dengan rangkaian akad nikah di pagi hari. Sehingga kita tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan carger batre. Bila perlu membeli batre cadangan.
  4. Siapkan juga tripod handycam jangan sampai ketinggalan.. Adanya tripod akan sangat membantu sekali saat pengambilan gambar, apalagi rangkaian kegiatan itu memakan waktu yang lama.
  5. Bawalah kabel ac/listrik untuk digunakan carger batre saat mau habis. Kabel ini merupakan pendukung yang harus ada, jangan sampai kita kelabakan untuk mencari kabel colokan saat acara berlangsung.
  6. Gunakanlah lampu tembak yang cerah bila ada. Lampu ini dugunakan untuk membantu pencahayaan saat pengambilan gambar. Apalagi acaranya sampai sore hari maka pencahayaan merupakan faktor yang sangat penting.
  7. Buatlah kabel Audio Video yang panjangnya 15-25 meter untuk dihubungkan ke TV atau Infocus.
  8. Bawalah isolasi atau lakban yang besar untuk menutup jalur kabel listrik agar tidak mengganggu yang sedang berjalan.
  9. Adanya asisten akan sangat membantu, karena tidak mungkin anda bekerja sendirian.
  10. Jangan lewatkan moment-moment yang penting saat resepsi berlangsung.
Semua point diatas merupakan persiapan video shooting yang tidak boleh terlewatkan. Hasil yang baik dikarenakan persiapan yang baik pula. Hasil yang kurang baik bisa jadi karena persiapannya yang tidak maksimal.
Terima kasih sudah membaca artikel Persiapan Sebelum Membuat Video Shooting. Semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More