Minggu, 23 Februari 2014

Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya

Sebagai pengguna komputer, tentunya kita sering sekali menjumpai masalah. Seperti komputer sangat lambat sekali baik saat loading maupun ketika kita membuka program/aplikasi yang lain. Masalah ini pasti ada penyebabnya mengapa terjadi seperti itu. Sebagai pengguna komputer kita harus mencari tahu dan solusinya untuk mengatasi masalah ini. Trik Kali ini saya coba membahas beberapa Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya.

Cara mengatasi komputer lambat atau lelet sebagai berikut :
  1. Uninstall/hapus program yang tidak terpakai. Banyaknya program yang terdapat pada komputer akan memakan memori yang cukup besar. Masalah ini akan memberatkan kinerja komputer. Apabila komputer yang digunakan hanya untuk pengetikan saja, alangkah baiknya program yang tidak terpakai di Uninstall saja. Caranya Lihat DI SINI.
  2. Banyaknya program yang berjalan secara bersamaan. Kalau program yang lain tidak digunakan sebaiknya di nonaktifkan dulu, caranya : Masuk ke Task Manager Tekan ctrl-alt-del secara bersamaan, kemudian klik kiri program yang akan di nonaktifkan pilih End Process.
    Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya
  3. Setiap kita membuka program akan menyisakan sampah pada komputer. Buka windows explorer >windows > Prefetch. 
    Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya
  4. Apabila komputer menggunakan memory yang kecil, sebaiknya tambah/naikan memory ke yang lebih besar lagi. Contohnya, jika memory 1 Gb maka naikan ke 2 Gb.
  5. Setting performance komputer. Caranya, klik kanan Computer>Properties> Advanced System Settings>Pada system properties pilih Settings>Klik Custom.
    Penyebab Komputer Lambat Dan Cara MengatasinyaPenyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya
  6. Gunakan CCleaner untuk mempercepat kinerja komputer. Buka Aplikasinya >pilih Run Cleaner. Jika belum ada silahkan download di sini

    Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya
  7. Defragment komputer secara berkala.
  8. Gunakan Disk Cleanup yang ada pada Windows untuk menghapus file – file yang tidak diperlukan. Klik Start > Accessories > System Tools > Disk Cleanup
  9. Hapus sampah file pada Recycle Bin
Trik diatas merupakan sebagian dari banyaknya cara mempercepat kinerja komputer. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Saya dan membaca  Penyebab Komputer Lambat Dan Cara Mengatasinya, semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More