Kamis, 06 Februari 2014

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Kita semua mungkin pernah mengalami ketika membuka internet atau mencoba browsing, yang terjadi adalah internetnya sangat lambat sekali atau kadang-kadang cepat. Kenapa yaa..Bertanya-tanya dalam hati dan mencari-cari penyebabnya dan hasilnya tetap sama saja. Akhirnya pasrah saja, menunggu dan terus menuggu. Postingan kali ini akan menjelaskan tentang faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet.
Dalam pemakaiannya, internet memiliki kecepatan akses yang berbeda-beda, tergantung kepada provider atau saluran yang digunakan. kecepatan akses internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth) yang merupakan ukuran dai besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya akan semakin besar pula.

Contohnya :
Komputer A memiliki bandwidth 10 Mbps, sedangkan komputer B memiliki bandwidth 20 Mbps. Kedua komputer menggunakan provider yang sama. Ketika kita akan menerima atau mengirim e-mail, asumsikan besarnya e-mail yang diterima atau dikirim adalah 4 Kb, berarti secara teori, untuk bandwidth 10 Mbps (10.000 Kbps) dapat mengirim atau menerima 2.500 e-mail dalam 1 detik. Sedangkan untuk bandwidth 20 Mbps (20.000 Kbps) dapat mengirim atau menerima 5.000 e-mail dalam 1 detik. Dengan demikian makin banyak e-mail yang dikirim atau diterima, maka arus transportasi data akan makin lancar. Artinya, kecepatan akses akan makin besar.

Satuan kecepatan akses internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second). 1 kilobits sama dengan 1.000 bits dan 1 megabits sama dengan 1.000.000 bits. Misalnya, kecepatan akses internet suatu komputer adalah 56 Kbps. Artinya, komputer tersebut dapat mendownload data sebesar 56 Kb dalam waktu 1 detik.
Pada kenyataannya, kecepatan akses internet dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet diantaranya adalah :
  1. Kecepatan komputer kita. Makin cepat kecepatan komputer kita, maka akan makin cepat kecepatan akses internet.
  2. Lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui sangat padat. Makin pada rute/jalur yang dilalui maka akan semakin lambat kecepatan akses internet yang diperoleh.
  3. Besarnya bandwidth yang disewa ISP ( Internet Service Provider) ke Backbone Internet. Makin besar bandwidth yang dimiliki, maka makin besar kecepatan  akses yang diterima.
  4. Jumlah pengguna (client) yang mengakses server secara bersamaan. Makin banyak pengguna yang mengakses server secara bersamaan, maka kecepatan akses semakin menurun.
  5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan mengakses. Makin cepat server tersebut, maka kecepatan akses makin besar.
Itulah kira-kira beberapa persoalan yang dapat mempengaruhi kecepatan akses suatu internet. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua.
Terima kasih sudah membaca postingan tentang Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More