Minggu, 02 Februari 2014

Bagaimana Menjadi Pemain Gelandang Sepak Bola

Bagaimana Menjadi Pemain Gelandang Sepak Bola
Sepak bola adalah suatu jenis olahraga yang termasuk dalam kelompok permainan bola besar. Siapa yang tak kenal dengan olahraga yang satu ini. Mulai dari anak kecil sampai dengan kakek nenek suka dengan sepak bola. Jenis olahraga yang sangat digandrungi dan merakyat sekali. Postingan ini aka memuat tentang bagaimana menjadi pemain gelandang Sepak Bola yang baik. Tetapi sebelum dilanjutkan alangkah baiknya kita mengenal dulu posisi gelandang apa sajakah yang biasa terdapat dalam permainan sepak bola.
Secara umum posisi gelandang adalah berada diantara pemain belakang dan penyerang. Fungsi intinya adala bagaimana menjaga penguasaan, mendapatkan bola dan mensuplainya kepada para penyerang. Tetapi ada juga gelandang yang tugasnya lebih dominan bertahan dan ada juga yang seperti penyerang. Seorang gelandang fungsinya adalah menguasai lapangan tengah dengan segala kemampuan mengirim bola kepada penyerang atau membantu penyerangan, membantu penyerang dalam menciptakan gol dan harus bisa membantu pertahanan pula. Bukan tugas yang mudah tentunya, karena berkat peranan seorang gelandang inilah sebuah tim terlihat sangat bagus.
Berikut macam-macam tipe gelandang,
  • Gelandang serang
    • Adalah pemain yang tugasnya membantu penyerangan, utamanya adalah mendukung para penyerang dengan umpan-umpan yang mantap. Untuk menjadi gelandang yang satu ini harus memiliki teknik yang bagus.
  • Gelandang bertahan
    • Tugasnya adalah membantu pemain belakang dari serangan lawan. Posisi ini membutuhkan phisik yang baik, karena harus mampu membantu bertahan dan terkadang juga membantu serangan.
  •  Gelandang sayap
    • Posisi ini berada di sisi lapangan, membantu serangan dari arah kanan dan kiri. Harus mampu memberikan umpan-umpan silang yang tepat. Menempati posisi ini bukan tugas yang ringan, selain memerlukan kecepatan lari juga harus menguasai teknik long pass yang mumpuni.
Bagaimana menjadi pemain gelandang?
  1. Phisik harus maksimal, karena tugasnya menguasai lapangan tengah , alur serangan dan harus mampu bergerak naik turun membantu serangan dan membantu pertahanan. 
  2. Mental bermain dan bertanding yang baik akan membantu kesusksesan dalam bermain sepak bola.
  3. Memiliki skill (keahlian) yang baik seperti, dribling, shooting dan passing.
  4. Disiplin dengan posisinya. Sangatlah penting menguasai lapangan tengah, karena seorang gelandang merupakan penghubung antara pemain belakang dan penyerang. 
  5. Mampu menguasai bola dan tidak mudah direbut lawan. sering-sering lah latihan juggling dan dribling dengan banyak rintangan. 
  6. Memiliki kontrol bola yang bagus. Menerima dan mengirim bola membutuhkan suatu ketenangan dan tidak teburu-buru. karena kontrol yang buruk dan suplai yang tidak tepat sasaran akan berakibat serangan kita akan sering gagal.
  7. Mampu memberikan dan menempatkan bola dengan baik. Jeli dalam memberikan umpan adalah salah satu skill yang harus dimiliki, karena pemain gelandang harus dapat memberikan bola pada rekan yang mempunyai peluang lebih besar dalam mencetak gol.
  8. Teruslah berlatih dan jangan putus asa.
Latihan yang rutin tentunya akan sangat mempengaruhi kriteria diatas. Jika kita punya suatu keinginan dan memiliki banyak kesempatan maka segeralah dan jangan ditunda-tunda.
Terima kasih sudah membaca artikel Bagaimana menjadi pemain gelandang sepak bola. Semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More