Jumat, 31 Januari 2014

Standar Nasional Dan Internasional Lapangan Futsal (Bag 1)

Bagi sahabat yang mungkin kebingungan untuk membuat lapangan Futsal, seperti apa bentuknya dan apa saja peraturannya, sesuai dengan janji saya pada postingan tentang permainan futsal sebelumnya bahwa akan membuat tulisan tentang peraturan permainan futsal. Tetapi peraturan permainan futsal yang akan saya posting kali ini adalah tentang peraturan lapangan dan peraturan bola saja. 

PERATURAN LAPANGAN (PITCH)
  1. Permukaan lapangan dibuat dari kayu atau bahan buatan syntetis dalam keadaan mulus rata, tidak licin atau lecet.
  2. Berbentuk bujursangkar (rectangular), garis yang panjang adalah garis samping disebut dengan "Touch Line" dan garis yang pendek adalah garis gawang yang disebut dengan "Goal Line".
  3. Ukuran Nasional, minimum panjang "25 meter dan lebar 15 meter, maksimum panjang "42 meter" dan lebar "25 meter". Ukuran Internasional minimum panjang "38 meter" dan lebar "18 meter". Maksimum panjang "42 meter" dan lebar "22 meter".
  4. Ukuran Gawang, tinggi "2 meter" dan lebar "3 meter".
  5. Lebar garis lapangan 8 centi meter.
  6. Lingkaran tengah radius 3 meter
  7. Titik pinalti yang pertama 6 meter dari garis gawang.
  8. Titik pinalti yang kedua 10 meter dari garis gawang.
  9. Tanda titik diluar garis gawang dan garis samping 5 meter dari busur sudut (adalah untuk sewaktu-waktu akan dilakukan tendangan sudut, tempat pemain bertahan harus berada tidak boleh kurang dari titik itu).

Standar Nasional Dan Internasional Lapangan Futsal (Bag 1)

PERATURAN BOLA (THE BALL)
  1. Berbentuk bulat
  2. Ukuran tidak kurang 62 centi meter, dan tidak lebih 64 centimeter
  3. Bahan dibuat dari kulit atau bahan lain yang disetujui FIFA
  4. Tekanan angin, 0.4-0.6 Atm (400-600 Gran/Cm x)
  5. Berat bola, minimal 400 gram dan tidak lebih dari 440 gram
Jika bola dijatuhkan atau dilepaskan dari ketinggian 2 meter pantulannya tidak kurang  50 cm dan tidak lebih 65 cm. Selama pertandingan berlangsung bola tidak boleh diganti tanpa izin wasit. Untuk pertandingan resmi sedikitnya harus ada 3 bola yang memenuhi syarat.
Peraturan-peraturan tersebut adalah aturan resmi Standar Nasional dan Internasional yang digunakan untuk pertandingan-pertandingan resmi. Tetapi  pembuatan lapangan untuk latihan biasa yang sifatnya karena keterbatasan lahan atau tanah, maka disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Baca juga Sejarah Futsal
Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More