Kamis, 23 Januari 2014

Sejarah Singkat Olahraga FUTSAL

Sejarah Singkat Olahraga FUTSAL
Suka dengan olahraga yang namanya futsal? Saya yakin sahabat semua sudah pernah bermain olahraga yang satu ini. Cara bermainnya  mirip sekali dengan permainan sepak bola, hanya perbedaan yang paling mencolok adalah permainan futsal ukuran lapangannya lebih kecil bila dibandingkan dengan sepak bola dan banyak dilakukan didalam sebuah ruangan. Kalau suka dengan olahraga yang satu ini gak ada salahnya, kita mengetahui juga asal atau sejarah futsal. Untuk itu pada catatan kali ini saya akan membahas tentang sejarah singkat permainan futsal.
Untuk pertama kalinya sepak bola ruangan dikenal sejak tahun 1831 di Canada dan tahun 1930 dimainkan di lapangan basket. Tahun 1949 Tim Nasional Uruguay berhasil menjuarai Piala Dunia. Dan untuk empat tahun mendatang Uruguay ditunjuk sebagai penyelenggara kejuaraan piala dunia. Memperhatikan keadaan saat itu di negara Uruguay sangat minimnya sarana lapangan sepak bola yang memenuhi persyaratan untuk pertandingan taraf Internasional, dan kondisi untuk membuat lapangan baru tidak memungkinkan.
Dengan keprihatinan tersebut, Tahun 1950 Professor warga negara Uruguay Yuan Carlos Ceriani mempunyai ide atau gagasan untuk memodifikasi empat cabang olahraga dijadikan satu cabang olahraga  yang disebut dengan FUTSAL.
Cabang-cabang olahraga tersebut adalah :
  1. Foot ball : Sepak bola yang cara mencetak gol nya dengan kaki atau sundulan kepala.
  2. Basket ball : Bola basket yang jumlah pemainnya lima dan wasitnya dua orang.
  3. Hands ball : Bola tangan ukuran lapangan dan larangan mencetak gol dari samping.
  4. Waterpolo : Polo air yang memiliki aturan tidak diperkenankan kontak badan yang kasar.
Sedangkan kalimat FUTSAL, adalah dari kata FUT BAL atau FUT OBOL (bahasa Uruguay) yang artinya "Bola Kaki" dan diartikan bebas "sepak bola". Kata SAL (bahasa Spanyol) dari kata Sal-on, kalau bahasa Portugal dari kata SAL-a yang artinya "ruangan". Pada awal mulanya FIFA menamakan dengan "INDOOR SOCCER" atau "INDOOR FOOTBALL" kemudian dirubah sesuai ide dari pencetusnya yaitu FUTSAL.
Pada tahun 1988 Kejuaran Dunia Futsal (1st Futsal World Championship) diselenggarakan di Uruguay dan juaranya adalah Brazil. Dan pada tahun 1989 FIFA memperhatikan kejuaraan pertama berhasil dilaksanakan dengan baik, dan sebagai tindak lanjutnya menempatkan seorang staff FIFA untuk membawahi atau mengurus Futsal dan Beach Football (sepak bola pantai) yakni, VICTOR BECEIRO seorang warga negara Uruguay.
Sebagai tambahan saja,
  1. Kejuaraan Dunia Futsal yang pertama diadakan di Uruguay juaranya adalah Brazil
  2. Kejuaraan Dunia Futsal yang ke dua diadakan di Hongkong juaranya adalah Brazil
  3. Kejuaraan Dunia Futsal yang ke tiga diadakan di Spanyol juaranya  adalah Brazil
Dengan demikian Piala Bergilir FIFA di miliki oleh Brazil.
Beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara Sepak Bola dengan  Futsal dapat dilihat dari :
  • Ukuran lapangan dan gawang
  • Tempat permainan dimana futsal lebih banyak dilaksanakan di dalam ruangan
  • Jumlah pemain
  • Jumlah wasit
  • Lemparan kedalam menggunakan kaki
  • Tendangan gawang diganti dengan menggunakan gol cleareance
Nah...itulah sekilas tentang Sejarah Singkat Olahraga FUTSAL.Sedangkan untuk Peraturan permainan dan ukuran lapangan futsal  akan saya bahas pada postingan berikutnya.
Semoga ada manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More