Selasa, 07 Januari 2014

Merawat Alat Drum Band

Merawat Alat Drum Band
Drum Band adalah suatu alat kesenian yang sekarang ini banyak dimiliki oleh sekolah setingkat SD dan SMP. Dimana dalam memainkannya memadukan beberapa unsur, diantaranya adalah : Penglihatan, pendengaran, rampak dan barisan. Keempat unsur tersebut apabila dipadukan dengan benar maka akan menjadi suatu tontonan yang menarik dan bisa membuat takjub para penontonnya. 
Tetapi masalahnya adalah untuk memadukan ke empat unsur tersebut tidaklah mudah, karena mencari pelatih drum band saat ini masih susah. Sehingga banyak sekolah yang sudah memiliki alat kesenian Drum Band rusak begitu saja karena tidak dipakai. Atau rusak dimakan usia, sedangkan untuk menggantinya lagi atau membeli yang baru harganya lumayan mahal.
Untuk postingan kali ini, bagi yang kegiatan latihan drum bandnya masih aktif, saya akan memberikan beberapa tips untuk merawat alat tersebut, biar bisa kita pakai terus menerus.
Diantaranya adalah :
Merawat Alat Drum Band

Merawat Alat Drum Band
  1. Penyimpanan alat. Menyimpan alat harus tersusun rapi, jangan ditumpuk begitu saja, karena dapat akan terjadi gesekan antara alat yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat menyebabkan slaput membrant sering sobek. Gunakan rak dari kayu atau besi. 
  2. Penyimpanan yang rapi akan memudahkan kita ketika akan mengambil alat saat latihan. Perhatikan juga kondisi ruangan. Ruangan yang lembab juga akan mengakibatkan cepat berkarat atau aus.
  3. Jangan gunakan stik patah. Menggunakan stik yang sudah patah bisa mengakibatkan sobeknya slaput. Ganti stik dengan yang baru atau buat dari sendiri dari kayu.
  4. Service alat sendiri. Mencari tukang service susah, lebih baik kerjakan sendiri atau dengan bantuan anggota drum band. 
  5. Gunakan amplas untuk membersihkan karatan yang terdapat pada ring drum. Cat ulang atau gunakan bahan yang lain untuk mengkilatkan kembali ring tersebut.
  6. Perhatikan baut. Baut original bawaan alat sangat susah dicari. sebagai gantinya bisa menggunakan baut spare part motor. Cari di bengkel tapi jangan lupa bawa contohnya.
  7. Pasang kembali alat. Dalam memasang alat perlu kesabaran dan ketelitian, karena banyaknya baut akan membuat kita pusing, apalagi yang kita service semua perkusi. Silahkan minta bantuan anggota kembali untuk melakukan pemasangan alat.
  8. Stel nada. Setelah semuanya terpasang dengan baik, langkah terakhir sebelum digunakan adalah menyetel ulang nada perkusi. Samakan nada dengan cara dipukul dengan stik snare. Caranya adalah pukul pelan-pelan dekat baut pengencang slaput. Lakukan hal yang sama pada setiap stelan baut pengencang.
  9. Alat sudah siap siap digunakan. Gunakan alat dengan benar jangan dijadikan bahan mainan anggota saat istirahat.
Naahhh...itulah tips merawat alat drum band dari saya. Sebagus apapun alat musik apabila tidak dirawat dengan baik, maka akan cepat rusak. Untuk mencari gantinya sangat susah karena hanya ada pada tempat-tempat tertentu saja.
Semoga membantu.

2 komentar:

Info yang bermanfaat pak, numpang jualan alat drumband.
Terimakasih.

Terima kasih sudah mampir di blog saya..

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More