Rabu, 15 Januari 2014

Manfaat Laboratorium Komputer

Manfaat Laboratorium Komputer
Sarana yang lengkap dan menunjang tentunya jadi dambaan semua pengajar dan pengelola sekolah. Baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta. Berbagai upaya pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sarana yang dapat menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sangat masuk akal memang, jika sebuah sekolah yang sudah lengkap sarananya, akan dapat meningkatkan mutu pendidikan di semua pelajaran. Pemerintah pun khususnya Dinas Pendidikan terus berupaya memenuhi semua kebutuhan di setiap sekolah. Salah satu bukti nyata adalah dengan memberikan bantuan-bantuan, diantaranya adalah laboratorium komputer.
Jika keinginan untuk memiliki laboratorium sudah tercapai, lalu bagaimana memanfaatkanya? Akankah terbengkalai begitu saja? 
Dalam artikel kali ini penulis akan memberikan masukan agar laboratorium yang sudah ada dapat dijadikan sebagai sarana yang benar-benar ada manfaatnya buat anak didik kita.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola suatu laboratorium komputer adalah :
  1. Harus ada pengurus yang benar-benar dapat mengelola Laboratorium Komputer. Biasanya Dalam suatu kepengurusannya terdapat beberapa unsur yang dilibatkan, seperti guru TIK, Laboran, Teknisi Komputer Dan Teknisi Jaringan. Unsur-unsur inilah yang nantinya akan bertanggung jawab sebagai pengelola laboratorium dibawah pengawasan kepala sekolah.
  2. Tempat atau ruangan yang mendukung. Komputer merupakan barang yang sangat riskan dengan masalah cuaca. Penempatan Laboratorium harus benar-benar memperhatikan ini. Jika kondisi ruangan yang lembab sudah tentu akan berpengaruh pada usia komputer. Sebaiknya gunakan ruangan yang kering dan tidak bocor.  Kalau mampu dapat menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan.
  3. Keamanan.Setelah ruangan ada dan dianggap cocok, jangan lupa perhatikan juga keamanannya. Sebagai barang yang riskan harus benar-benar dijaga. Gunakan teralis yang kuat diseluruh ruangan. Bila perlu termasuk bagian atasnya diberi teralis juga.
  4. Perawatan yang maksimal. Jika Laboratorium Komputer sudah mulai digunakan, jangan lupakan perawatannya, mengapa? Karena tanpa adanya perawatan yang berkelanjutan komputer sedikit demi sedikit akan berkurang karena rusak. Perawatan ini dapat berupa pemeriksaan rutin kondisi atau perbaikan hardware yang rawan eror. Tentunya kegiatan ini berhubungan dengan Bendahara Sekolah.
  5. Daya listrik. Komputer yang banyak akan tetapi daya listriknya tidak memadai, maka komputer akan mengalami kerusakan yang sangat komplek. Biasanya akibat dari kekurangan daya listrik, satu persatu dan terus menerus komputer akan mengalami kerusakan. Nah...Untuk masalah ini lagi-lagi berhubungan dengan Bendahara Sekolah.
Ke lima poin diatas tersebut merupakan kebutuhan sebuah Laboratorium yang tidak bisa di tunda. Jika kebutuhannya belum terpenuhi maka akan timbul kerusakan mulai dari yang kecil sampai dengan total tidak bisa digunakan. 
Memanfaatkan Laboratorium Komputer secara maksimal adalah tugas dari pada pengelolanya. Dibawah ini ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Seperti :
  1. Gunakan Laboratorium untuk kegiatan praktek. Baik berupa pelajaran Microsoft Office atau pengenalan hardware. Yang perlu diperhatikan adalah, dalam kegiatan ini perlu adanya pengawasan yang benar baik itu oleh guru mata pelajaran atau oleh laboran. Karena dalam ruangan itu terdapat barang yang rawan rusak dan adanya aliran listrik.
  2. Laboratorium bisa dugunakan untuk mata pelajaran yang lain, yang membutuhkan media pembelajaran Audio Visual. Tentunya pengelolanya harus mendampingi dalam penggunaannya.
  3. Laboratorium dapat digunakan oleh anak didik yang sibuk dengan kegiatan OSIS. Contohnya dalam pembuatan surat menyurat dan keperluan lain yang berhubungan dengan kegiatan sekolah.
  4. Laboratorium dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar. Dimana waktunya dapat dilaksanakan diluar Kegiatan Belajar Mengajar.
  5. Jika sudah terkoneksi dengan internet, dapat pula dimanfaatkan sebagai sebagai metode e-learning sebagai media pembelajaran. Dimana guru dan murid dapat terus berinteraksi setiap saat. Misalkan dengan memanfaatkan chating dan email sebagai media komunikasi antar guru dan murid.
  6. Koneksi Internet yang baik memungkinkan sekolah dapat mengelola website di laboratorium komputer. Sehingga Profil  sekolah akan lebih mudah diakses oleh semua masyarakat umumnya, khususnya anak didik dan alumni.
Itulah beberapa permasalahan dalam mempersiapkan dan memanfaatkan sebuah laboratorium komputer, agar benar-benar dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga sekolah tersebut dapat menghasilkan lulusan yang berprestasi dan sekolah akan menjadi incaran para calon siswa baru kelak.
Terima kasih semoga ada manfaatnya.

2 komentar:

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai manfaat laboratorium tik, menurut saya artikel ini bisa menambah pengetahuan para pembaca.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai laboratorium yang bisa anda kunjungi di www.ilab.gunadarma.ac.id

Terima kasih atas kunjungannya..semoga ada manfaatnya..

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More