Senin, 13 Januari 2014

Cara Cek PSU (Power Supply) Komputer

Komputer tiba-tiba mati kemudian hidup lagi atau istilahnya restart. Kita sering mengalami permasalahan seperti ini, mungkin bagi yang baru menggunakan komputer langsung saja memvonis bahwa komputer punya kita tersebut rusak. Atau dari benak kita terbayang motherboard, ram, proccesor, power supply salah satu diantaranya ada yang rusak. 
Jika kita menemukan masalah seperti ini, saya sarankan jangan didiamkan saja atau di jual. Bisa jadi matinya komputer itu karena berbagai sebab. Diantaranya :
  1. Daya listrik yang kurang memadai
  2. Motherboard kotor
  3. Fan (kipas) proccesor penuh dengan debu
  4. Kabel AC (listrik) yang terhubung dengan PSU (power supply) tidak tersambung sempurna.
Segeralah periksa bagian dalam CPU kita, bersihkan lalu pasang lagi. Apabila masih tetap seperti semula (restart), baru periksa komponen-komponen komputer yang diduga sebagai penyebabnya. Pada postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana mengatasi masalah yang berkaitan  dengan poin 1 di atas.
Banyak sekali kerusakan yang ditimbulkan oleh masalah kurangnya daya listrik, salah satunya adalah Power supply yang sering konslet atau lemah. Untuk melakukan pengecekan Power Supply sebaiknya hati-hati karena nanti kita akan berhubungan dengan arus listrik.
Cara Cek PSU (Power Supply) Komputer
  • Buka Power Supply atau keluarkan dari box CPU
  • Lepaskan seluruh kabel yang terhubung dengan motherboard, Harddisk, Fan dan CD player
  • Siapkan kabel listrik panjangnya kurang lebih 3 cm kemudian kupas
  • Tancapkan kabel tersebut pada kabel yang terhubung langsung dengan motheboard. Cari yang warnanya hijau dan hitam. Hubungkan kedua port tersebut dengan kabel tadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
  • Pasang kabel AC (listrik)  powersupply dan hubungkan ke sumber arus listrik. Hati-hati jangan sampai kesetrum. Gunakan kabel AC yang masih bagus yaa.
  • Perhatikan kipas yang terdapat  pada Power supply. Apabila kipasnya berputar dengan normal, maka kerusakan bukan pada Power Supply. mungkin pada komponen yang lain. Dan jika tidak berputar sama sekali berarti sumber masalahnya ada pada Power Supply tersebut.
  • Kalau mati gunakan Power supply yang lain jika ada. Cek kembali apakah kipasnya berputar atau tidak.
Kadang-kadang kipas berputar sangat  lemah sekali atau tidak normal, cobalah ganti  yang lain atau beli yang baru. Naahhh...kesimpulannya kalau mengalami hal tersebut diatas jangan dulu di bawa ke service, sebaiknya cek sendiri dulu. Yang terpenting adalah perawatan komputer yang baik akan menambah usia komputer kita.
Terima kasih, semoga bisa membantu..

2 komentar:

Good info, terima kasih. Silahkan mampir ya Ace Maxs obat herbal asam urat

Semoga tetap semangat,sehat dan sukses.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More