Selasa, 31 Desember 2013

Cara Install Komputer Atau Laptop Dengan Flashdisk

Cara Install Komputer Atau Laptop Dengan Flashdisk
Install ulang komputer atau laptop dengan menggunakan flashdisk pada dasarnya hampir sama saja dengan menggunakan CD. Hanya saja kalau menggunakan Flasdisk ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat bootable dengan Flasdisk. Dari pengalaman saya, menggunakan Flashdisk lebih cepat selesai dari pada menggunakan CD atau DVD.
Langkah - langkah yang harus diperhatikan ketika membuat bootable dengan flashdisk :
  1. Siapkan dulu Flashdisk yang berkapasitas 4 Gb. Lebih besar lebih baik.
  2. Siapkan CD/DVD bootable yang kita punya, boleh disimpan filenya di partisi D/E.
  3. Format flashdisk dengan NTFS
  4. Silahkan copykan seluruh isi bootable yang terdapat pada CD/DVD atau yang terdapat pada file kita ke flashdisk tadi. Tunggu beberapa saat, karena memakan waktu yang agak lama.
  5. Buka flashdisk yang berisikan copy an file OS tadi. Kemudian cari file yang bertuliskan bootmgr. Silahkan ganti namanya/rename menjadi NTLDR.
  6. Jika sudah maka flashdisk siap digunakan.
  7. Matikan atau restart komputer.
  8. Ketika komputer/laptop mulai hidup, masuk ke Bios dengan tekan F2 atau del (tergantung komputer yang kita miliki).
  9. Pastikan boot pertama dengan flasdisk, biasanya terdeteksi dengan harddisk (USB HDD), jika belum terdeteksi silahkan restart lagi komputernya.
  10. Jika sudah tekan F10 kemudian Yes ( exit dan tekan yes).
  11. Langkah selanjutnya sama seperti menggunakan CD/DVD
  12. Ketika proses sedang berjalan, pada saat restart yang pertama jangan lupa cabut flasdik tadi, biarkan proses intall berlanjut dan ikut langkah - langkahnya sampai dengan selesai.
Itulah cara install dengan menggunakan USB/ flashdisk, ingat langkah-langkahnya karena suatu saat kita akan melakukannya lagi.
Setelah selesai lanjutkan dengan instal beberapa Aplikasi Atau Software Yang Harus Ada Setelah Instal Ulang Komputer Atau Laptop. Selamat mencoba...yaaa..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More