Jumat, 01 Juni 2012

Membuat Program Latihan

Membuat Program Latihan
Berhasil atau tidaknya sebuah organisasi tergantung kepada kita dalam mengelolanya. Ibarat rumah kita sendiri, apabila tidak kita pelihara dengan baik maka rumah tersebut akan rusak atau hancur. Begitu pula dengan kegiatan ekstrakurikuler yang kita bina, jika  tidak dikelola dengan baik sudah tentu tingkat kesuksesannya akan relatif sangat kecil sekali. Keberadaan ekstrakurikuler disekolah tentunya tidak lepas dari tujuannya yaitu, agar anggota kita bisa mempunyai keterampilan dan mempunyai prestasi yang bagus dilingkungan sekitar kita.
Ada salah satu faktor penentu sebuah kesuksesan dalam membina sebuah organisasi adalah program latihan yang baik. Dengan program latihan yang baik serta dilaksanakan dengan maksimal, maka hasilnya akan baik pula dan akan mempermudah kita dalam  menentukan arah dan tujuan team kita. Program latihan sangat penting dalam rangka meningkatkan prestasi atlet, sehingga dengan program latihan yang menyeluruh akan dapat memberikan perkembangan yang lebih baik untuk mendapatkan prestasi yang baik.
Berikut ini hal-hal yang harus kita perhatikan dalam menyusun program latihan, diantaranya :
  1. Membuat  program latihan dengan menyesuaikan waktu yang disediakan.
  2. Periksa kembali sarana penunjang latihan yang kita miliki, karena nantinya program yang dibuat akan   berkaitan dengan masalah ini. Jika rusak atau tidak ada, maka harus segera mencari solusinya.
  3. Dana merupakan hal yang sangat penting, jadi buat program sesuai dengan dana yang kita miliki.
  4. Kegiatan yang tidak terencana akan berpengaruh pada hasil yang dicapai. Buat tahapan-tahapan latihan, mulai dari teknik dasar dan lanjutan.
  5. Program latihan yang tidak terlaksana pada tahun yang lalu hendaknya diperhatikan.
  6. Program latihan tahun sebelumnya harus dijadikan acuan untuk program yang sedang dibuat.
  7. Perhatikan even-even yang sudah kita ikuti, biasanya kegiatan ini akan terus kita dapati setiap tahun.
  8. Uji coba. Dalam pelaksanaannya, mulai dengan team yang berada di lingkungan sekitar kita dulu sebelum melangkah ke luar daerah.
Dalam penyusunan program latihan tentunya kita harus melibatkan seluruh pengurus dan disetujui bersama. Karena kita harus tetap mempertimbangkan ide dan saran dari pengurus tersebut. Program yang sudah dibuat harus dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu agar hasil yang dicapai benar-benar maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More