Jumat, 04 Mei 2012

Tips Mengatasi Kekurangan Peralatan Olahraga


Tips Mengatasi Kekurangan Peralatan Olahraga
Mempunyai suatu team dan  klub olahraga sepak bola atau futsal yang hebat dan selalu menjadi juara dalam setiap kompetisi adalah merupakan impian seorang pelatih. Baik itu team sekolah atau klub milik pribadi. Kita kadang berkhayal dan bilang dalam hati kita sendiri” seandainya team saya menang…seandainya klub saya juara….!!!”. Kapan itu bisa terlaksana? Yang ada dalam setiap kompetisi selalu saja kalah. Akhirnya yang disalahkan adalah pelatihnya.
Kalau kita perhatikan, banyak sekali faktor yang menyebabkan kegagalan itu. Diantaranya tidak ada dukungan dari pihak tertentu atau sarana olahraga yang kurang. Contohnya, kalau team tersebut milik sekolah, sehebat apapun tim kita tetapi jika tidak diijinkan untuk mengikuti sebuah event, maka impian kita tidak akan terwujud. Yang akhirnya banyak mempengaruhi rutinitas latihan. Itu hanya salah satu faktor kegagalan dari sekian banyaknya penyebab team kita hancur.
Dalam artikel ini, bukan masalah tersebut yang akan dibahas, tetapi penulis sedikit berbagi pengalaman, bagaimana mengatasi kekurangan sarana olahraga ketika mau latihan. Sesuai dengan judulnya “Tips untuk mengatasi kekurangan peralatan olahraga”. Tips ini pernah saya praktekan dalam melatih olahraga sepakbola dan futsal. Dan hasilnya sangat bagus.
1.       Tidak memiliki cones
Manfaat dari alat ini sangat besar sekali. Cones biasa digunakan untuk melatih phisik, drible bola dan lain-lain. Bahan yang diperlukan :
-          Gunakan toples bekas
-          Kaleng bekas kue
Silahkan toples atau kaleng bekas itu diisi dengan tanah atau pasir sampai penuh. Tujuannya biar tidak gampang jatuh. Kalau mau di cat itu lebih baik lagi. Banyaknya sesuai dengan kebutuhan saja.

2.       Gelang plastic
Biasanya digunakan untuk latihan phisik zig-zag atau lompat.
-          Gunakan ban motor bekas
-          Ban sepeda

3.       Drill Test
Fungsi alat ini adalah untuk melatih kecepatan dan kelincahan (speed & agility).
-          Tambang bekas
-          Potongan bambu atau kayu. Panjang 50 cm dan lebar 5 cm.
Hubungkan tambang dengan potongan bambu tersebut. Kalau sudah jadi bentuknya mirip seperti tangga.
Kalau tidak ada bahan diatas, bisa dengan menggunakan cat. Silahkan buat di lantai atau lapangan basket/futsal.
Tips Mengatasi Kekurangan Peralatan Olahraga

Bagi kita yang berdomisili jauh dari kota besar, sudah tentu sulit untuk mencari toko sarana olahraga yang lengkap. Kadang –kadang yang dikota sekalipun susah untuk mendapatkannya, karena toko-toko perlengkapan olahraga masih jarang yang menyediakan alat speed & agility.
Sebagai solusinya, coba gunakan bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar kita. Untuk contoh diatas bisa kita gunakan barang-barang bekas tanpa harus membeli.

Tak ada salahnya untuk dicoba. Semoga ada manfaatnya.


2 komentar:

OK banget artikelnya pak...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More