Minggu, 20 Mei 2012

Perekrutan Atlet Baru

Perekrutan Atlet Baru


Tahun Pelajaran 2011/2012 tinggal sebulan lagi dan akan segera memasuki Tahun Pelajaran 2012/2013. Kita akan segera disibukan dengan beberapa kegiatan diantaranya Penerimaan Siswa Baru (PSB), Masa Bimbingan Peserta Didik Baru (MBPDB) dan Perekrutan atlet baru ekstrakurikuler. Perekrutan atlet baru merupakan langkah awal untuk menjadi anggota atau atlet dalam sebuah team. Diharapkan akan lahir bibit-bibit baru yang berprestasi baik itu dalam bidang olahraga maupun kesenian yang kedepannya dapat mengharumkan nama sekolahnya.
Masalah yang sering kita dapatkan adalah, ketika menjaring anggota atau pemain baru, calon anggota yang terdaftar selalu melebihi target atau kuota yang ada. Contohnya, untuk seni drum band pendaftar bisa mencapai 150 orang. Sedangkan alat yang ada tidak lebih dari 32 buah. Untuk sepak bola atau futsal sebuah team biasanya hanya 20 orang, pendaftar lebih dari 100 orang. Ini adalah merupakan sebuah persoalan yang harus dihadapi dengan serius. Karena keinginan seorang pembina atau pelatih adalah memiliki sebuah atlet yang dapat berprestasi, baik itu di tingkat Kabupaten maupun Provinsi.
Dalam menyikapi masalah ini, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan dilakukan pada saat perekrutan atlet sepak bola atau futsal, diantaranya adalah :
  • Tidak asal memilih anggota. Perekrutan harus berdasarkan pada kriteria-kriteia tertentu.
  • Perhatikan usia anak atau tahun kelahirannya. Karena untuk kegiatan lomba antar sekolah selalu berdasarkan usia, contohnya Liga Pendidikan Indonesia (LPI). Untuk lebih jelasnya lihat event tahun pelajarannya sebelumnya.
  • Tes phisik sangat penting, agar kita mendapatkan kondisi atlet yang benar-benar bugar.
  • Lakukan tes dasar-dasar penguasaan bola. Contohnya tes dribbling, passing, stop ball, shooting, jugling dll. Jangan lupa tandai anak berdasarkan kemampuan. Hal ini akan memudahkan kita saat penentuan akhir seleksi.
  • Adakan permainan antar calon anggota tersebut. Tujuannya agar kita dapat melihat langsung sejauh mana kemampuan calon anggota dalam memadukan pengusaan bola dengan permainan yang sebenarnya. 
  • Jangan mengabaikan kondisi phisik dan postur tubuh calon atlet.
  • Wawancara setiap calon dapat dilaksanakan agar kita dapat mengetahui tujuan, motivasi, visi dan misi untuk menjadi team sepak bola atau futsal tersebut.
  • Merekrut calon anggota yang berasal dari klub juga akan memberikan kemudahan kepada kita pada saat latihan sudah berjalan.
  • Dapatkan hasil seleksi sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya adalah, kalau team itu 20 orang jangan merekrut calon lebih dari itu. Sebab kalau team itu utuh maka kasihan pada anggota yang tidak masuk daftar pemain.
  • Buat catatan sendiri untuk calon yang tidak lulus tetapi memiliki kemampuan yang bagus. Karena team yang telah lulus seleksi selalu ada yang mengundurkan diri atau dipecat karena indisipliner. Maka catatan itu akan memudahkan kita untuk cari penggantinya.
Dalam melaksanakan seleksi sebaiknya kita di bantu oleh rekan yang satu profesi. Akan lebih baik kalau itu benar-benar mengusai dalam bidang olahraga sepak bola atau futsal. Selain meringankan beban kita juga pemikiran atau ide beberapa orang akan lebih baik dibandingkan dengan satu orang.
Teknik atau cara-cara perekrutan atlet baru diatas biasa saya lakukan tiap tahun pelajaran baru. Tentunya setiap pembina atau  pelatih yang lain mempunya trik tersendiri yang lebih baik lagi. 
Mudah-mudahan ada manfaatnya.
Tunggu artikel saya berikutnya tentang perekrutan anggota drum band.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More