Sabtu, 12 Mei 2012

Ekstrakurikuler Dan Manfaatnya


Ekstrakurikuler Dan Manfaatnya
Saat ini seluruh sekolah di Indonesia baik itu sekolah negeri maupun swasta memiliki kegiatan Ekstrakurikuler. Ini merupakan sebuah kenyataan bahwa ekstrakurikuler sudah merupakan kebutuhan yang harus terus dikembangkan. Ekstrakurikuler merupakan salah satu pengembangan bakat dan minat anak yang didukung dan difasilitasi oleh pihak sekolah guna menambah potensi dalam diri anak.
Ada dua kategori penyelenggaraan kegiatan ektrakurikuler ini, yaitu kegiatan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang terdapat disekolah seperti kelompok belajar Tik, matematika, bahasa Inggris. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler yang lain, seperti olahraga, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), drum band dan lain sebagainya.
Kegiatan ekstrakurikuler tersebut merupakan sebuah pengembangan diri yang bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspersikan diri sesuai dengan kebutuhan bakat minat setiap siswa. 
Banyak manfaat yang dapat dirasakan, baik itu oleh pihak sekolah maupun oleh siswa itu sendiri. Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa. Sehingga kegiatan ekstrakurikuler terbukti menjadi salah satu faktor penentu apakah sekolah sudah menyediakan pendidikan yang layak atau belum. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler pun dapat memberikan manfaat yang positif bagi sekolah, semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitas dan eksistensi dari sekolah tersebut.
Sedangkan manfaat bagi siswa itu sendiri adalah, siswa dapat mengembangkan bakat serta minat yang dimilikinya secara luas. dapat menambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas. Juga salah satu upaya untuk mencegah anak terjerumus pada pergaulan yang tidak baik seperti narkoba dan perkelahian pelajar. Siswa bebas untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Tidak ada keterpaksaan dalam melaksanakannya,sehingga suatu saat dapat meraih prestasi yang terbaik.
Melihat kenyataan tersebut diatas, maka sudah seharusnya pihak sekolah terus memberikan dorongan dan memfasilitasi  kegiatan pengembangan diri atau ekstrakurikuler tersebut diatas.

Baca juga artikel yang lain>>>>>>

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More