Senin, 23 April 2012

Kenakalan Remaja

Masa remaja merupakan masa yang sangat menghawatirkan sekali, pada masa-masa ini remaja cenderung untuk mencoba hal-hal yang baru, bahkan pergaulan remaja sudah banyak  yang menjurus kepada kenakalan remaja. Saat ini remaja usia sekolah (SMP/SMA) sudah mengenal yang namanya rokok, narkoba, gank dan kriminal. Tawuran antar pelajar dan balapan liar marak dimana-mana. Remaja sekarang ini lebih mementingkan sebatang rokok, bermain play station dari pada membeli sebuah buku untuk keperluannya sendiri. Mode dan gaul selalu mereka jadikan alasan. Alasan yang sebenarnya kurang  masuk akal. Padahal seusia mereka (SMP/SMA) seharusnya lebih mementingkan pelajaran di sekolah dari pada mementingkan hal-hal yang tidak berguna sama sekali. Pergaulan remaja sekarang banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan teknologi yang semakin canggih dan tidak terbatas. Masalah ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita selaku orang tua.
Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan remaja dapat terjerumus pada pergaulan bebas,  diantaranya:
  1. Pengawasan yang kurang dari orang tua
  2. Masalah keluarga (broken home)
  3. Kemajuan teknologi yang semakin canggih
  4. Mudah sekali mengakses situs-situs terlarang
  5. Dasar  agama yang kurang
  6. Bimbingan konseling/penyuluhan yang kurang
  7. Tidak memiliki aktifitas lain setelah pulang sekolah
Melihat banyaknya faktor penyebab diatas, maka perlu kiranya kita sebagai orang tua atau pendidik mengambil langkah-langkah untuk  mengatasi agar kenakalan remaja tidak terjadi, diantaranya :
  1. Selalu mengawasi kegiatan anak setiap hari. Pada saat sekolah, orang tua perlu menanyakan kepada pihak sekolah apakah masuk sekolah atau tidak. Karena banyak sekali anak yang berangkat dari rumah tetapi tidak sampai ke sekolah. Mereka mampir/nongkrong di tempat lain. Sepulang sekolah berikan kegiatan pada anak, apakah dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah atau kegiatan rumah.
  1. Timbulnya masalah dalam keluarga dapat mengakibatkan anak frustasi dan salah langkah. Bahkan ada yang memilih pergi dari rumah apabila terjadi masalah ini. Selalu memberikan bimbingan dirumah dengan penuh kasih sayang  dalam batas yang wajar. Contohnya membantu dan mengarahkan anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah.
  2. Awasi penggunaan handphone, karena sekarang ini handphone sudah dilengkapi dengan fasilitas video. Bila perlu periksa video pada handphone anak kita. Karena banyak sekali kejadian pada handphone anak terdapat video yang tidak pantas untuk dilihat. Arahkan anak kita untuk menonton tv atau hiburan yang sesuai dengan usianya.
  3. Jadikan internet untuk mencari sumber ilmu pengetahuan, mengerjakan tugas sekolah bukan untuk melihat hal-hal yang tidak layak untuk ditonton.
  4. Bimbinglah anak kita dengan pelajaran-pelajaran agama contohnya mengaji dirumah atau di pesantren.
  5. Pengawasan yang intensif dari pihak sekolah, selalu mengadakan bimbingan penyuluhan kepada siswa. Berikan penyuluhan tentang bahaya dari rokok, narkoba,seks bebas dan kenakalan remaja. Bila perlu datangkan lembaga-lembaga terkait untuk memberikan penyuluhan tentang masalah ini secara rutin.
  6. Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda, arahkan anak kepada kegiatan-kegiatan yang positif seperti ekstrakurikuler, kursus, Remaja Mesjid atau Karang Taruna. Karena apabila aktifitas tersebut berjalan dengan baik, maka anak tidak akan sempat untuk memikirkan hal-hal yang negatif.
Sebagai orang tua atau pendidik tentunya kita tidak menginginkan anaknya terjerumus pada kenakalan remaja. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk selalu membimbing dan mengawasi anak kita, memberikan kegiatan-kegiatan yang positif, sehingga suatu saat nanti mereka akan menjadi anak yang berbakti terhadap orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More